HAKEKAT PEMBELAJARAN
3:25 AM
By
Unknown
0
comments
Selanjutnya,
Dimyati dan Mudjiono (dalam Sutikno, 2005:27) mengemukakan bahwa pembelajaran
adalah usaha-usaha yang terencana dalam
memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadinya proses belajar dalam diri
peserta didik.
Berdasarkan
uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran merupakan suatu kombinasi
yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar oleh pendidik agar
terjadi proses belajar pada diri sehingga mencapai tujuan pembelajaran.
Untuk
menyusun atau merumuskan tujuan pembelajaran harus memperhatikan petunjuk
praktis dalam penyusunan tujuan pembelajaran, hal ini dikemukakan oleh
Mudhoffir (dalam Fathurrahman dan Sutikno, 2007:52). Adapun petunjuk
praktis tersebut, yakni 1) formulasikan
dalam bentuk yang operasional; 2) rumuskan dalam bentuk produk belajar, bukan
proses belajar; 3) rumuskan dalam tingkah laku siswa bukan perilaku guru; 4)
rumuskan standar perilaku yang akan dicapai; 5) hanya mengandung satu tujuan
belajar; dan 6) rumuskan dalam kondisi mana perilaku itu terjadi.
Bila ditinjau dari pengertian di atas, maka pembelajaran mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran berarti pembelajaran mempunyai tujuan, adapun tujuan dari pembelajaran, meliputi: 1) tujuan itu menyediakan situsi atau kondisi untuk belajar, 2) tujuan mendefinisikan tingkah laku siswa dalam benruk dapat diukur dan dapat diamati, dan 3) tujuan menyatakan tingkat minimal prilaku yang dikehendaki, misalnya pada peta pulau jawa, siswa dapat mewarnai dan memberi label pada peta jawa tersebut (Hamalik, 2008:77). Dari uraian tersebut, diharapkan suatu metode atau model pebelajaran yang digunakan oleh guru dalam penyampaian materi pada siswa dapat mencapai kriteria tujuan pebelajaran. Menurut Sutikno (2009:35) bahwa ada beberapa komponen pembelajaran, yang meliputi; 1) tujuan pembelajaran, 2) materi pelajaran, 3) kegiatan pembelajaran, 4) metode pembelajaran, 5) media, dan sumber belajar serta 7) evaluasi. , hal ini dapat ditemukan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Bila ditinjau dari pengertian di atas, maka pembelajaran mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran berarti pembelajaran mempunyai tujuan, adapun tujuan dari pembelajaran, meliputi: 1) tujuan itu menyediakan situsi atau kondisi untuk belajar, 2) tujuan mendefinisikan tingkah laku siswa dalam benruk dapat diukur dan dapat diamati, dan 3) tujuan menyatakan tingkat minimal prilaku yang dikehendaki, misalnya pada peta pulau jawa, siswa dapat mewarnai dan memberi label pada peta jawa tersebut (Hamalik, 2008:77). Dari uraian tersebut, diharapkan suatu metode atau model pebelajaran yang digunakan oleh guru dalam penyampaian materi pada siswa dapat mencapai kriteria tujuan pebelajaran. Menurut Sutikno (2009:35) bahwa ada beberapa komponen pembelajaran, yang meliputi; 1) tujuan pembelajaran, 2) materi pelajaran, 3) kegiatan pembelajaran, 4) metode pembelajaran, 5) media, dan sumber belajar serta 7) evaluasi. , hal ini dapat ditemukan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Selain itu, prinsip-prinsip pembelajaran,
hal ini selaras dengan pendapat Moshimoshi (2007) menjelaskan prinsip-prinsip
pembelajaran yakni a) prinsip pembelajaran teori Behavioristik (Hartley
& Davies), b) prinsip pembelajaran teori kognitif (Reilley & Lewis), c) prinsip pembelajaran teori humanisme,
d) prinsip pembelajaran dalam rangka pencapaian ranah tujuan, e) prinsip
pembelajaran teori kontruktivisme dan f) prinsip pembelajaran bersumber
dari asas mengajar.
0 comments: