Monday, December 16, 2013

HAKEKAT PEMBELAJARAN


  
“Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur manusiawi, material, fasilitas, pelengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran” (Hamalik, 2008:26). Kemudian menurut Sutikno (2005:28) segala upaya yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada diri peserta didik.
     Selanjutnya, Dimyati dan Mudjiono (dalam Sutikno, 2005:27) mengemukakan bahwa pembelajaran adalah usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadinya proses belajar dalam diri peserta didik.
     Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada diri sehingga mencapai tujuan pembelajaran.
    Untuk menyusun atau merumuskan tujuan pembelajaran harus memperhatikan petunjuk praktis dalam penyusunan tujuan pembelajaran, hal ini dikemukakan oleh Mudhoffir (dalam Fathurrahman dan Sutikno, 2007:52). Adapun petunjuk praktis tersebut, yakni 1) formulasikan dalam bentuk yang operasional; 2) rumuskan dalam bentuk produk belajar, bukan proses belajar; 3) rumuskan dalam tingkah laku siswa bukan perilaku guru; 4) rumuskan standar perilaku yang akan dicapai; 5) hanya mengandung satu tujuan belajar; dan 6) rumuskan dalam kondisi mana perilaku itu terjadi.
    Bila ditinjau dari pengertian di atas, maka pembelajaran mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran berarti pembelajaran mempunyai tujuan, adapun tujuan dari pembelajaran, meliputi: 1) tujuan itu menyediakan situsi atau kondisi untuk belajar, 2) tujuan mendefinisikan tingkah laku siswa dalam benruk dapat diukur dan dapat diamati, dan 3) tujuan menyatakan tingkat minimal prilaku yang dikehendaki, misalnya pada peta pulau jawa, siswa dapat mewarnai dan memberi label pada peta jawa tersebut (Hamalik, 2008:77). Dari uraian tersebut, diharapkan suatu metode atau model pebelajaran yang digunakan oleh guru dalam penyampaian materi pada siswa dapat mencapai kriteria tujuan pebelajaran. Menurut Sutikno (2009:35) bahwa ada beberapa komponen pembelajaran, yang meliputi; 1) tujuan pembelajaran, 2) materi pelajaran, 3) kegiatan pembelajaran, 4) metode pembelajaran, 5) media, dan sumber belajar serta 7) evaluasi. , hal ini dapat ditemukan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
      Selain itu, prinsip-prinsip pembelajaran, hal ini selaras dengan pendapat Moshimoshi (2007) menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran yakni a) prinsip pembelajaran teori Behavioristik (Hartley & Davies), b) prinsip pembelajaran teori kognitif (Reilley & Lewis), c) prinsip pembelajaran teori humanisme, d) prinsip pembelajaran dalam rangka pencapaian ranah tujuan, e) prinsip pembelajaran teori kontruktivisme dan f) prinsip pembelajaran bersumber dari asas mengajar.

0 comments:


music bar

music online



Superman