Friday, September 20, 2013

Perkembangan Tubuh Manusia dan Alam Pikirnya.


Sifat Unik Manusia
Manusia adalah makhluk yang lemah dibanding makhluk lain namun dengan akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat maka manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ilmu pengetahuan dan  teknologi manusia dapat hidup dengan lebih baik lagi. Akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat itulah sifat unik dari manusia. Ciri-ciri manusia
a.       Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus, terutama otaknya
b.      Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat, (ada yang masuk dan keluar)
c.       Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar
d.      Memiliki potensi untuk berkembang biak
e.       Tumbuh dan bergerak
f.       Berinteraksi dengan lingkungannnya
g.      Sampai pada saatnya mengalami kematiian

Rasa Ingin Tahu
Rasa ingin tahu atau dikenal dengan istilah kuriositas. Rasa ingin tahu makhluk lain lebih didasarkan oleh naluri (instinct) ini didasarkan pada upaya mempertahankan kelestaraian hidup dan sifatnya tetap sepanjang zaman. Manusia juga mempunyai naluri seperti tumbuhan dan hewan tetapi ia mempunyai akal budi yang terus berkembang serta rasa ingin tahu yang tidak terpuaskan. Sesuatu masalah yang telah dapat dipecahkan maka akan timbul masalah lain yang menunggu pemecahannya, manusia setelah tahu apanya maka ingin tahu bagimana dan mengapa. Contoh penyakit setelah ditemukan obat suatu penyakit ada penyakit lain lagi yang dicoba untuk dicari obatnya (HIV AIDS)

Perkembangan Alam Pikir
Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapi sering upaya itu tidak terjawab secara memuaskan. Rasa ingin tahu menyebabkan alam pikiran manusia berkembang. Ada pekembangan tersebut yang akan kita tinjau, yaitu:
a.           Perkembangan  alam pikir manusia kuno sejak zaman purba hingga dewasa ini.
Pada manusia kuno untuk memuaskan mereka menjawab sendiri. Misalnya kenapa ada pelangi mereka membuat jawaban, pelangi adalah selendang bidadari atau kenapa gunung meletus jawabannya karena yang berkuasa marah. Dari hal ini timbulnya pengetahuan tentang  bidadari dan sesuatu yang berkuasa. Pengetahuan baru itu muncul dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan yang disebut mitos.
b.          Perkembangan alam pikir manusia sejak dilahirkan sampai akhir hayatnya.
Perkembangan alam pikir dapat juga disebabkan oleh rangsangan dari luar, tanpa dorongan dari dalam yang berupa rasa ingin tahu. Misalnya orang yang tinggal dekat hutan akan mudah menyaksikan kebakaran hutan.

Sumber Belajar:
Budsos. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Tersedia di http://alambudsos.files.wordpress.com diunduh tanggal 10 Sepetember 2010.
Ladunni. 2012. Makalah Ilmu Alamiah Dasar.  Tersedia di http://the-ladunni.blogspot.com diunduh tanggal 10 Sepetember 2010.

Purnama, Heri. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahma, Eny, dkk. 2011. MKDU Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Wedyawati, Nelly. 2010. Modul Mata Kuliah Alamiah Dasar. Melawi: STKIP Melawi


TUGAS

Petunjuk :  Tugas ini dibuat suatu makalah
1)           Apa menurut Anda pengertian Ilmu Alamiah Dasar?
2)          Selain tujuan ilmu alamiah  dasar yang telah dibahas coba Anda cari pendapat lainnya mengenai tujuan   pengajaran IAD?
3)          Apakah perbedaan antara manusia dengan binatang atau hewan?
4)        Siapakah tokoh-tokoh Yunani yang memberikan sumbangan perubahan pemikiran manusia terkait mitos serta jelaskan apa yang mereka sumbangkan terkait dengan perubahan pemikiran tersebut?

NB : Dikumpul 10 menit sebelum proses pembelajaran dimulai pada hari selasa berikutnya. 


0 comments:


music bar

music online



Superman